Ritual Budaya Batak Sambut Aquabike JetSki World Championship

Lembaga Adat dan Budaya Desa Pardomuan I menyelenggarakan ritual budaya menyambut pelaksanaan Event Aquabike Jetsky World Championship 2023 di Zona 4, Desa Pardomuan I, Senin (20/11/2023).

topmetro.news – Lembaga Adat dan Budaya Desa Pardomuan I menyelenggarakan ritual budaya menyambut pelaksanaan Event Aquabike Jetsky World Championship 2023 di Zona 4, Desa Pardomuan I, Senin (20/11/2023).

Ritual Budaya Batak dilakukan oleh Lembaga Adat dan Budaya Desa Pardomuan I melalui Turpuk Siopat Ina (Simbolon, Tamba tua, Nadeak, Silalahi) untuk kesuksesan event berskala internasional di Kawasan Danau Toba Kabupaten Samosir serta rencana peresmian Water Front City Pangururan. Ritual merupakan kebiasaan masyarakat sekitar Danau Toba saat menghelat sebuah acara.

Bupati Samosir diwakili SAB Rudi SM Siahaan menyampaikan, pelaksanaan ritual merupakan bagian dari Budaya Batak, dilaksanakan di Zona 4 (Taman Rohani) yang merupakan lokasi yang penuh anugerah, menerima berkat dari Tuhan. Ditambahkan, dalam menyambut perhelatan akbar di Danau Toba, Pemkab Samosir telah melaksanakan secara kerohanian dan sekarang dari sisi adat budaya.

Rudi berharap, acara ritual adat dapat dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan masyarakat Turpuk Siopat Ina sebagai tuan rumah penyelenggaraan even.

“Acara adat dan doa tersampaikan dengan baik sehingga apapun kegiatan yang dilaksanakan akan sukses dan lancar,” kata Rudi.

Ritual adat dan budaya diawali dengan penyampaian perlengkapan ritual dari Turpuk Siopat Ina kepada pemimpin ritual (panuturi). Selanjutnya Panuturi, Abiden Naibaho menyampaikan segala permintaan diiringi Gondang (alat musik Batak).

Dalam hal ini Abiden membawa anggir (jeruk purut) dengan penyampaian doa-doa jeruk purut diletakkan di atas air Danau Toba. Melalui doa dan uning-uningan yang disampaikan, dipercaya acara akan berjalan dengan baik untuk kejayaan pariwisata Samosir.

Ketua Lembaga Adat dan Budaya Desa Pardomuan I, melalui Turpuk Siopat Ina A Murni Simbolon (Simbolon, Tamba Tua, Silalahi, Nadeak) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Samosir atas kepercayaan dan penghargaan terhadap adat dan budaya.

A Murni mengatakan, penyelenggaraan ritual merupakan bagian adat dan budaya, dengan harapan Tuhan menjauhkan aral melintang, acara sukses dan masyarakat akan bersukacita.

“Terkhusus pembangunan WFC, sebagai awal peresmian dan kesuksesan even aquabike, kami sebagai masyarakat yang berdomisili di Desa Pardomuan I, Turpuk ni Simbolon Turpuk Siopat Ina menyelenggarakan kegiatan ritual dan kami percaya dengan segala budaya ini,” kata A Murni dengan harapan Pemkab Samosir terus menggali dan mempertahankan budaya Orang Batak.

Tambah A Murni, kegiatan tersebut merupakan wujud menghargai dan menghormati kearifan lokal yang berlaku di tengah-tengah masyarakat di Kawasan Danau Toba.

Turut hadir, Hermin Esti Setiawaty dari Kemenkomarves, PPK Water Front City Enda Simakasura Ketaren, tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment